COMWAY C10, Fusion splicer tangguh - Dunia Fiber Optik (DFO)
Untuk user dan password free hotspot , tinggal klik di atas atas , mudahan ketemu dan bisa di gunakan

COMWAY C10, Fusion splicer tangguh

Hai sahabat DFO
Kali ini saya akan mereview sebuah mesin penyabung kabel fiber optik. atau bahasa kerennya Arc fusion splicer
kabarnya sih meng adopsi teknologi dari Amerika
saya telah memakai  hampir sekitar 300 kali bakar ( maklum dari beli langsung di hajar tipis tipis dulu )

sebelumnya melangkah lebih jauh, ada baiknya saya akan mengulas kelengkapan paket pembelian fusion splicer ini.
dalam paket pembeliannya kita akan mendapatkan beberapa kelengkapan sebagai berikut :
  • Koper atau hard case , koper ini akan melindungi alat alat kita dari berbagai macam benturan atau siraman air. bahan hard case ini terbuat dari plastik yang sangat solid. dan pada bagian dalamnya dilengkapi kopartmen terbuat dari stereofoam yang lembut sekaligus kuat. saya sudah mengetes hard case ini dengan membawanya di waktu hujan deras, dan Alhamdulillah perlengkapan yang ada di dalamnya tidak basah sedikitpun.




  • Mesin fusion splicer , mesin ini sangat nyaman di jinjing.dengan adanya tali untuk di jinjing atau tali seperti tali tas untuk di bawa di atas pundak kita, pada sisi sisinya sudah dilengkapi dengan bantalan karet yang melindungi dari benturan benturan kecil yang mungkin akan menimpa mesin itu . dan hebatnya lagi mesin ini tahan terhadap terjatuh sampai dengah ketinggian 1 meter. dan sudah ada videonya di channel yutub.

  • Fiber cleaver , Fiber cleaver ini berguna untuk meratakan ujung core dari kabel fiber optik sebelum masuk ke mesin fusion splicer , setelah saya coba, tidak pernah sekalipun terjadi reject oleh mesin. dengan hasil sudut potong yang masih bisa ditolerir oleh mesin. fiber cleaver itu sendiri mempunyai kotak tersendiri supaya mata pisaunya aman dari kotoran yang mungkin menempel.


  • Tang kupas tube/core ,Tang kupas ini terbilang cukup sederhana dalam desainnya. disamping ringan dan ramping , kita bisa mengupas tube dengan menggunakan pemotong bagian tengah, dan untuk membersihkan selaput core kita menggunakan bagian dalam dengan sangat presisi.tapi untuk yang belum pernah memakai tentu di perlukan kehati hatian yang extra tentunya.


  • Botol tempat cairan pembersih , rupanya perusahaan ini juga memperhatikan hal hal kecil yang biasa diperlukan dalam proses penyambungan fiber optik. dan cairan pembersih yang sering saya pakai adalah alkohol 95%. kadang susah sih dalam pembeliannya. cuman apotik apotik besar yang menyediakan alkohol dengan prosentase yang mendekati murni.

  • Kabel kabel , dalama paket pembeliannya kita akan mendapatkan beberapa kabel yang diperlukan. di antaranya kabel power AC yang kita perlukan dalam pen charge an , serta kabel data untuk memindahkan file dokumentasi atau pembaharuan system apabila suatu saat di perlukan. serta sebuah kabel jumper untuk battery pack sama charge station.

  • Charger station , apabila pada umumnya fusion splicer menggunakan battery tanam, maka dalam fusion splicer  comway c10 ini agak berbeda. battery pack bisa di bongkar pasang. dan apabila listrik AC normal atau pada waktu bekerja di indoor kita bisa langsung menggunakan charger stationnya sebagai pengganti battery pack. dan apabila kita bekerja outdoor kita bisa menggunakan battery pack nya yang kapasitasnya lumayan tinggi. sekitar 7800mAH

  • Tali gantungan pundak , memang keliatan sepele sih, tapi manfaatnya sungguh luar biasa. bisa dibayangkan apabila kita ada pekerjaan kabel udara atau aereal kabel bisa dibayangkan betapa repot dan belepotannya kita di atas.

  • Beberapa user manual sekaligus CD mengenai seluk beluk mesin yang cukup lengkap.

Dengan kelengkapan yang telah saya uraikan di atas dan di sertai build in material yang mantap tentu akan membuat kasil kerja kita akan meningkat yang akan berimbas kepada seluruh aspek kehidupan kita, he...he...


1 comment:

Unknown said...

Klo beli talinya aja buat gantung pundak slecer di mana gan 🙏

Post a Comment