JOINWIT JW3305A , OTDR SIMPEL FITUR LUMAYAN BAGIAN SATU - Dunia Fiber Optik (DFO)
Untuk user dan password free hotspot , tinggal klik di atas atas , mudahan ketemu dan bisa di gunakan

JOINWIT JW3305A , OTDR SIMPEL FITUR LUMAYAN BAGIAN SATU

 Selamat pagi sobat DFO, kali ini penulis kedatangan barang baru dari brand JOINWIT.

brand yang banyak mengeluarkah produk produk di bidang fiber optik.

salah satunya adalah otdr mini simpel dengan fitur yang pasti di pake dan sangat berguna.

OTDR  dengan type JW3305A.

Disamping berfungsi sebagai OTDR , produk ini sudah di selipkan beberapa fitur standar otdr keluaran terbaru.antara lain fitur sebagai OPM, sebagai VFL (Visual Fault Locator) , bisa menganalisa hasil OTDR dengan nama Event Map serta sebagai sumber redaman  sementara.

OTDR ini berkerja dengan menggunakan 3 buah batere dengan type AA yang banyak di sediakan di pasaran, jadi tidak perlu kuatir untuk mencari terminal listrik untuk mencharge batere nya, pokoknya habis buang ,ganti baru ON lagi hahahaha.

Pada bagian atas akan di temukan beberapa tonjolan yang ngga asing bagi pengiat fiber optik, dan akan sangat asing bagi orang awam wkkwkkwkk


sesuai tulisan yang tertera , ada port untuk OTDR , untuk OPM dan juga untuk VFL. sesuai yang mau di pakai mode apa disitulah port adapter tertancap , jangan salah colok ya nanti di kira rusak lagi alatnya wkkwkkwkk

dari keterangan tulisannya saja sudah paham semua kan ya

Penulis akan coba satu satu semua fitur di dalam OTDR ini.

pertama kita akan coba fitur OTDR nya.


setelah kita pilih icon dengan tulisan OTDR seperti gambar di atas dengan menekan tulisan ENT, maka akan muncul tampilan seperti di bawah.

dan bisa di perhatikan pada gambar diatas , bahwa ada menu menu yang bisa kita gunakan, posisi menu ada di bagian bawah . penjelasan singkat dari menu menu itu antara lain.

  • icon rumah, itu bearti apabila kita memilihnya dan tekan ENT, maka akan kembali ke tampilan awal
  • icon grafik , itu bearti kita berada di posisi bisa membaca grafik yang sedang di tampilkan. kita bisa membaca panjang kabel yang sudah di ukur serta total loss serta loss per kilometer bisa kita dapatkan di icon ini.
  • icon LUP dengan tenda minus, ini berguna untuk mengecilkan grafik hasil pengukuran 
  • icon LUP dengan tanda plus , ini berguna untuk membesarkan grafik hadil pengukuran
  • icon A/B , ini gunanya untuk memindahkan cursor di awal dan di akhir.
  • icon Floopydisk , ini gunanya untuk menyimpan hasil pengukuran OTDR
  • icon GEAR , ini gunanya untuk menyetting OTDR, baik itu wavelengh , durasi , mode pengukuran, dan lainnya nanti di jelaskan di bawah
  • icon Mapfolder , ini gunanya untuk membuka file file yang sudah tersimpan.

di samping gambar menu di bawah layar, ada juga tampilan di sebelah atas dengan maksud dan tujuan untuk memudahkan pengguna. diantaranya adalah sebagai berikut :

  • paling atas sebelah kiri adalah tanggal waktu pengukuran
  • paling atas sebelah kana adalah indikator batere, jadi bisa kita liat kapasitas batere secara langsung
  • di bagian atas agak ketenga ada tulisan 200 m, itu ada range dari pengukuran yang sudah di pilih, dan nilai ini bisa kita rubah di settingan dengan icon gear. di settingan range bisa sampe 60 km.seperti di gambar bawah


  • di sebelah kanan nilai range ada juga tulisan 5ns, itu artinya settingan dari pulse, nilai ini bisa di pilih di settingan mulai dari auto sampe dengan 8000 ns, dan bisa di gunakan sesuai kebutuhan pengukuran, tampilan bisa dilihat di gambar di bawah.


kita akan coba mengukur kabel fiber optik dengan panjang 800 meter sesuai pada kulit luar kabel fiber optik , dan akan kita lihat hasilnya seperti gambar di bawah


 ok, kita akan sedikit menjelaskan hasil pengukuran kabel fiber optik dengan menggunakan OTDR JW3305A. dan bisa sedikit penulis jelaskan sebagai berikut :
  • angka 1550nm itu adalah wavelengh yang di gunakan, kebetulan alat ini menganut 1 wavelengh saja, jadi sebelum membeli pastikan mau beli yang 1310nm apa yang 1550nm.jadi jangan sampe salah memilih.
  • ada huruf X dengan tulisan 291,6m/DIV itu artinya dalam 1 kotak dari kiri ke kanan mewakili panjang 291.6 meter
  • ada huruf Y dengan tulisan 2.00 dB/DIV itu artinya dalam 1 kotak dari bawah ke atas mewakili redaman 2.00 dB
  • lanjut ada tulisan merah B 0.146 km artinya pada kursor yang di tunjukkan dengan garis merah itu berada di panjang 146 dari total panjang
  • Pada gambar di bawah, ada tulisan No.2/2 dist 0.806 loss -,-, dB/km sum Ls. itu bisa di baca bahwa pada hasil pengukuran OTDR, ada 2 event, kebetulan event di awal dan event di akhir, dengan panjang total 806 meter dengan rata rata loss redamannya 0.2 per kilo meter dengan total loss sepanjang kabel tersebut 0.17 dB.
Sekarang kita lanjut akan bahas mode VFL, seperti biasa VFL sering kita gunakan untuk mencari di mana titik putus atau titik bending dengan bantuan sinar merah yang di pancarkan dan si salurkan ke dalam kabel fiber optik yang akan di cari titiknya.
VFL itu menggunakan cahaya merah dengan menggunakan panjang gelombang (wavelengh) 650nm
Pada mode ini ada tiga mode yang di sediakan yaitu mode normal ,2Hz dan 1Hz

bersambung bagian ke dua ya, nanti di jabarkan sepengetahuan penulis .....

No comments:

Post a Comment